4 Alasan Tergoda “Asus Zenfone 2” di Erafone

Erafone Megastore di bilangan Teuku Umar, Denpasar tak pernah sepi. Sejumlah orang tampak mengantri di kasir. Beberapanya lagi sedang mencoba produk-produk ponsel pintar dari berbagai macam brand, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Pun saya kebetulan berada di sana pada 28 Juni 2015 lalu. Tidak, saya bertandang ke Erafone bukan dalam rangka membeli gadget terbaru. Melainkan tengah memenuhi undangan #Ngabuburiterafone dan workshop “Digital Marketing” yang dibawakan oleh Sandi Pinatabahri, Digital Specialist Erajaya Group.

Sandi Pinatabahri membawakan materi digital marketing di #Ngabuburiterafone
Sandi Pinatabahri membawakan materi digital marketing di #Ngabuburiterafone

Sebelum workshop itu dimulai, saya pun menyempatkan diri melihat display ponsel-ponsel pintar dari beragam merek di Erafone. Saat itu lah, perhatian saya teralihkan pada sebuah ponsel pintar dengan bentangan layar 5,5 inci keluaran ASUS. Ya, itu Zenfone 2 yang masih hangat-hangatnya di pertengahan 2015 ini. Ponsel ini sempat saya idam-idamkan, tapi sayangnya saya sudah memiliki Zenfone 5 yang umurnya belum setahun dan masih berperforma baik. Untung Erafone menyediakan fasilitas live demo, sehingga memungkinkan saya untuk mencoba-coba berbagai fitur yang ditawarkan Zenfone 2. Berikut beberapa poin unggul yang membuat saya tertarik dengan Zenfone 2 usai menggenggam dan menelusuri fitur-fiturnya. Check it out!

1# Mempertahankan Desain Muka Ikoniknya

Asus tidak menghilangkan ciri khasnya di desain Zenfone 2. Konsep desain yang ergonomis masih tetap ditekankan demi menjaga kenyamanan salah satu tangan kita ketika menggenggamnya. Penutup bagian belakangnya masih terbuat dari plastik bertekstur logam, di mana varian warna yang ditawarkan seperti merah, hitam, putih, dan emas. Saya memang cenderung suka dengan warna emas, karena itu membuat seri Zenfone terlihat lebih mewah. Dengar-dengar juga ada seri transfusion dan seri illusion yang tampil dengan warna back cover unik bin nyentrik.

Oh ya, bingkai plastik hitam elegan juga masih menghiasi sekeliling layarnya. Zenfone 2 juga tidak menghilangkan bahan metal berwarna hitam yang berada di bawah atau “dagu” body-nya. Hanya saja terjadi perubahan pada penempatan tombol volume, di mana di seri sebelumnya berada di sisi samping, namun kini dipindahkan ke punggung ponsel tepat di bawah lensa kamera dan LED flash-nya. Sayangnya dibandingkan dengan seri Zenfone 5 dan 4, bagian belakang Zenfone 2 terlihat sedikit lebih “gemuk”. Mungkin karena baterai non-removable Li-Po yang berkapasitas 3000 mAh.

Desain Zenfone 2 hadir dengan beberapa varian warna (sumber foto: chip.co.id)
Desain Zenfone 2 hadir dengan beberapa varian warna (sumber foto: chip.co.id)

Kalian pikir Zenfone 5 sudah sangat besar? Well, Zenfone 2 justru punya dimensi layar yang lebih lapang 5,5 inci setara 1080 x 1950 piksel. Ditambah dengan kepadatan layarnya yang mencapai 403 ppi piksel density membuat kepuasan tersendiri dalam menikmati warna-warna grafis Android. Teknologi layarnya masih mengusung IPS captive touchscreen. Meski begitu sudah mumpuni dalam menciptakan 6 juta varian warna. Saya pribadi tidak terlalu suka dengan ukuran layar HP yang “jumbo”, karena bagi saya ponsel semestinya praktis dan muat di saku. Ketika memakai Zenfone 5 pertama kali, saya sudah cukup bingung dibuatnya. Untung saja ponsel pintar itu muat di saku celana jeans saya. Poin tambahannya lagi layar Zenfone 2 sudah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Jadi enggak perlu repot lagi memasangkan anti gores.

2# Prosesor Mutakhir Plus RAM Lega

Kapasitas RAM 4 GB mengoptimalkan kinerja multitasking (sumber foto: www.asus.com)
Kapasitas RAM 4 GB mengoptimalkan kinerja multitasking (sumber foto: www.asus.com)

Asus Zenfone 2 didukung oleh chipset Intel Atom Z3580 serta prosesor quad-core yang berkecepatan 2.3 GHz, di mana mampu mengoptimalkan performanya. Ponsel pintar ini telah mampu mengoperasikan Android generasi Lollipop. Daya pikat utama Zenfone 2 adalah kapasitas RAM-nya yang mencapai 4GB. Ini yang membuat Zenfone 2 jadi satu-satunya perangkat Android yang mampu menyediakan kapasitas RAM lebih lapang. Tentu ini menjadi kabar gembira bagi mereka yang ingin melampiaskan hasrat gamers-nya lewat Zenfone 2. RAM yang lega tentu memungkinkan menampung lebih banyak program dan mengoptimalkan kegiatan multitasking kita lewat ponsel tersebut. Selain RAM 4GB, Zenfone 2 juga menyediakan versi RAM 2GB.

3# Fitur Penyelamat – Fast Charging

boostmaster

Satu hal yang mungkin selalu dikeluhkan oleh penikmat Zenfone adalah daya tahan baterainya yang kurang maksimal. Apalagi bagi mereka yang aktif dengan game Android maupun media sosialnya, tentu punya kekesalan tersendiri dengan baterai Zenfone yang cepat “lowbat”. Kapasitas baterai di Zenfone 2 memang sudah diperbesar hingga 3000 mAh. Namun, Asus tetap “jaga-jaga” dengan membenamkan fitur Fast Charging, di mana memungkinkan pengguna tidak terlalu lama menunggu ponselnya penuh saat di-charge. Well, mungkin jika nanti kita “ngomel-ngomel” kalau baterai Zenfone 2 kualitasnya tak jauh dari seri 5, fitur ini bisa sedikit meredakan kekecewaan kita tersebut. Dengan teknologi BoostMaster pada fitur Fast Charging diperkirakan kita bisa memperoleh 4 jam waktu bicara (2G) dengan hanya charging ponsel tersebut selama 10 menit.

4# Generasi Kedua PixelMaster

PixelMaster 2.0 plus Kamera Belakang 13 MP serta Kamera Depan 5 MP pada Zenfone 2 (sumber: www.asus.com)
PixelMaster 2.0 plus Kamera Belakang 13 MP serta Kamera Depan 5 MP pada Zenfone 2 (sumber: www.asus.com)

Di Zenfone 2, Asus memamerkan teknologi PixelMaster generasi keduanya. Zenfone 2 berkamera 13 MP dengan aperture lensa sebesar f/2.0, di mana diklaim mampu bekerja optimal di ruang yang minim cahaya. Di samping itu, kameranya juga dilengkapi oleh beberapa fitur unggulan lainnya, seperti fitur autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR. Layaknya DSLR, kita juga bisa menyetel ISO, white balance, apperture, dan lain-lain. PixelMaster 2.0 punya mode manualnya untuk itu. Ada pula mode Backlight (Super HDR) yang mampu memaksimalkan pengambilan gambar di area yang terpapar terik sinar matahari. Pun mode Super Resolution yang mampu mendapatkan gambar bebas noise dengan detail resolusi tinggi sampai 52MP. Sementara itu bagi penikmat selfie juga bisa mencicipi kualitas kamera depan Zenfone 2 beresolusi 5 MP.

erafone44

Dengan empat poin itu saja sudah membuat saya tergoda untuk membeli Zenfone 2 ZE551ML. Apalagi ditambah spesifikasi lengkapnya yang bisa kalian lihat di sini. Di Erafone Megastore, Zenfone 2 yang berkapasitas memori internal 32 GB dan RAM 4 GB tersebut dibandrol dengan harga IDR 4,299,000. Harga yang cukup fantastis tersebut setara dengan kualitas premium yang ditawarkan. Namun jika kalian beruntung biasanya Erafone mengadakan promo lewat potongan harga khusus di hari-hari tertentu. Itu pun bisa didapatkan langsung jika membelinya di toko fisik Erafone. Bisa jadi di musim menjelang lebaran seperti ini, akan banyak kejutan diberikan oleh Erafone.

Saya juga baru tahu kalau Erafone punya toko online sendiri yang bisa diakses di www.erafone.com. Toko online Erafone ini tentu akan sangat membantu bagi mereka yang susah untuk mengakses toko fisik Erafone di daerahnya. Cukup melalui empat langkah, kita sudah bisa memesan ponsel pintar dari berbagai macam merek, seperti Samsung, Lenovo, Asus, LG, Sony, Apple, dan Microsoft.

Langkah pertama, kalian cukup melakukan pencarian produk di bagian “search” di homepage Erafone. Dari sana kalian bisa memilih produk dan memastikan detil produk yang diinginkan. Lanjut ke langkah kedua, klik keranjang atau “my cart” di pojok kanan atas homepage dan tekan tombol bayar. Untuk langkah ketiga, kalian bisa melengkapi spesifikasi pengiriman dan pembayaran, namun sebelumnya terlebih dahulu harus melakukan login/register. Langkah terakhir, cukup cek kembali pesanan kalian dna kemudian klik Bayar Sekarang.

Erafone menawarkan dua metode pembayaran, antara lain lewat kartu Visa dan Mastercard atau Transfer Bank. Estimasi pengiriman barang pesanan sampai ke tempat tujuan sekitar 4-18 hari, tergantung lokasi pengirimannya. Menariknya pembatalan transaksi masih bisa dilakukan asalkan kalian secepat mungkin menghubungi customer care mereka di 0807-1-1111-888.

Sekarang terserah kalian, apa ingin membeli langsung ke toko fisik Erafone Megastore di kota kalian atau ingin praktis lewat online saja. Kedua pilihan tersebut telah memastikan bahwa “Beli Gadget Itu Lebih Mudah di Erafone”. Jadi beneran pengen beli Zenfone 2, nah lho?! 🙁

  • Sebenarnya saya tertarik sama asus zenfone 2, tapi karena harganya masih tinggi, nunggu turun dulu… keren bisa ngecas cepat… bikin baterai rusak ngga tuh

  • As Ari

    Halo mas putra,
    Rencana saya mau mengajukan kerjasama placement artikel di blog ini.
    Bolehkah saya minta emailnya mas?
    Jika berkenan, bisa hubungi saya di al.asari2303@gmail.com
    Terimakasih mas.